Sabtu, 14 Mei 2011

Makna Kemenangan

Bismillahirrahmanirrahim
sungguh kemenangan itu tidak dinilai dengan angka-angka ataupun dengan segala perhitungan manusia.

namun, menurut saya, kemenangan diukur dari :
berapa besar dari apa yang telah kita lakukan ikhlas semata karena Allah..
berapa besar energi yang telah kita curahkan untuk menggapai tujuan dan cita-cita kita..
berapa besar dari apa yang kita lakukan dan kita korbankan membuat kita semakin dekat dengan Allah..
berapa besar dari segala usaha kita yang membuat kita semakin merasa kecil, hina, rendah, dan tidak berdaya di hadapan Allah, sehingga kita merasa amat sangat menbutuhkannya..
berapa banyak do'a yang kita panjatkan, dan seberapa yakin kita bahwa Allah akan mengabulkan do'a-do'a kita..
berapa keras usaha yang kita lakukan untuk menggapai cita-cita dengan tetap menjaga segala aktivitas, keputusan, perasaan, dan pikiran kita agar tetap syar'i dan tidak melanggar larangan Allah..
berapa banyak muhasabah yang kita lakukan untuk mengevaluasi dan memperbaiki keputusan dan aktivitas yang telah kita lakukan untuk berbuat yang lebih baik di masa depan..

Sebab sesungguhnya kemenangan, bagi saya adalah :
jika kita dapat semakin menyibukkan masyarakat dengan kebaikan sehingga mereka lupa dan menjauh dari keburukan, kemaksiatan, dan kejahatan..
jika kita dapat semakin bersungguh-sungguh dan bersemangat untuk berusaha lebih keras dan bekerja lebih cerdas ikhlas karena Allah, di jalan Allah dan sesuai ajaran Rasulullah..
jika kita memiliki azzam (tekad) dan iltizam (komitmen) yang kokoh untuk dapat memberi sebanyak-banyaknya dan bukannya malah ingin menerima sebanyak-banyaknya,
dll..

Maka, insya Allah selamanya umat islam adalah pemenang, selama iman kokoh di dalam dada dan sanggup memimpin seluruh anggota badan, ilmu senantiasa berada di akal pikiran sehingga sanggup mendampingi sang pemimpin menggerakkan badan, dan amal shaleh senantiasa dilakukan oleh badan, sehingga iman dan ilmu benar-benar bermanfaat untuk dunia dan akhiratnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar