Senin, 23 Mei 2011

Analisis Iklan


Molto menawarkan konsep kreatif iklan yang berbeda. Molto untuk pertama kalinya menyodorkan iklan yang bertema kartun. Sebagai merek yang mebidik pasar dewasa, tema kartun merupakan pilihan yang terbilang berani. Apalagi cerita iklan in dibungkus bak sebuah dongeng.
Molto menghadirkan sosok Andy , pria jeans yang diceritakan berasal dari Negeri Kain. Dikidahkan di sana Andi adalah seorang pop star yang memiliki kekasih Lily, perempuan katun sutra. Berkat kesetiaan Andy dan Lily memakai Molto Ultra, mereka pun akhirnya selalu tampil menjadi makhluk kain palong indah dan menawan di Negeri Kain.
Negeri kain adalah pendekatan imajiner dengan memepersonifikasikan pakaian sebagai makhluk hidup. Sementara molto Ultra adalah produk yang digunakan oleh berbagai jenis pakaian untuk tetap menjaga bentuk, warna, dan kesegaran, sehingga pakaian selalu tampil menarik.
Tak tanggung-tanggung lewat sosk Andy yang juga seorang pop star, Molto memutuskan untuk menggandeng Warner Music Indonesia. Musik adalah bahasa universal yang dipercaya orang mampu membuat orang terhanyut dan mendalami pesan komunikasi dari sebuah merek. Untuk itu Molto mengambil pendekatan lewat jalur musik untuk membawa karakter Andi dan Lily lebih jauh ke dalam hati konsumen. Hasilnya Molto bukan hanya menghadirkan iklan bertema kartun dan musik, melainkan juga meluncurkan album berjudul Andy & Friends Love. Dalam album tersebut , ada hits berjudul “La La La” yang dinyanyikan Andi. Selain itu Andy juga berkolaborasi dengan 7 penyanyi terkenal yaitu Marcell, Acha, Irwansyah, Jikustik, Andiem, Maliq & D’essentials yang juga melantunkan hitsnya masing-masing.
Iklan gaya baru Molto ini menurut saya dibuat karena untuk menjaga positioning karena produk Molto berada pada tahap dewasa. Iklan pada Molto ini berada pada tahap retentif. Tahap Retentif adalah tahap periklanan ketika kegunaan produk yang umum dikenal di mana-mana dan kualitasnya sepenuhnya dihargai. Tahap ini adalah tahapan dimana produk mencapai Kedewasaan dan memberikan keuntungan yang paling memuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar