Kamis, 15 April 2010

Yuuk, Mengkritik Tanpa Menyakiti…

Harii gini apa aja boleh diomongin, apa lagi kalau yang namanya kritik membangun, pasti boleh donk. Demi kebaikan bersama dan agar teman yang kita sayangi lebih oke. Tapi kalau seandainya kita salah ngomong bisa berantakan deh.. dan bisa menyakiti hati teman kita. Nah gimana ya cara mengkritik teman, tapi tetap terasa ada perhatian dan kebaikan buat yang dikritik. Ini dia caranya :

• Pilihlah kata-kata yang tepat.
Pemilihan kata-kata yang tepat itu penting loh ! jangan sampai kalian asal memilih kata karena itu bias menyakiti hati orang yang kalian kritik pastinya. Untuk lebih aman, coba deh pilih kata-kata seperti : Maaf…. Sorry… Kayaknya kamu lebih bagus deh kalu… atau dengan kata lain yang bikin adem telinga.

• Beri Perumpamaan.
Kalau kamu mau aman mengkritik orang, bisa juga lewat perumpamaan, tujuannya sebenarnya sih mengkritik. Cuma karena lewatnya nggak langsung, rasanya jadi lain.

• Lihat Orangnya.
Jangan asal main mengkritik orang, tapi kita harus tau dulu orangnya. Kalau dia sosok yang sabar dan nggak panasan, bias kamu kritik. Tapi kalau dia ketahuan gampang emosi, mending diam saja deh daripada bikin masalah.

• Lihat Waktu
Percaya deh kalu kita mengkritik orang dan hatinya lagi seneng, pasti kritikan kita bakalan diterima dengan senang hati juga. Jangan sampai dia lagi bete kamu kritik pula, yang ada dia nanti jadi sakit hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar