Sabtu, 27 Maret 2010

Apakah Kamu Cukup Tidur

Remaja memerlukan waktu 20-30 menit untuk bisa benar-benar tidur. Rata-rata mereka membutuhkan waktu 8 jam setiap malam untuk tidur. Kalau kamu kurang tidur, konsentrasimu pun bakal buyar. Menurut The World Book Encyclopedia, orang yg kurang tidur akan kehilangan energi dan lekas marah. Orang yang 2 hari tidak tidur akan sulit berkonsentrasi untuk waktu yang lama. Mereka banyak membuat kesalahan pada tugas rutinnya. Orang yang tidak tidur 3 hari akan sulit berfikir, melihat dan mendengar dengan jelas. Beberapa orang bahkan mengalami halusinasi, yaitu melihat hal-hal yang sebenarnya tidak ada.

Penyebab Susah Tidur
Kamu mungkin pernah mengalami susah tidur atau insomnia. Mata sudah dipejam-pejamkan tetapi tetap aja nggak bisa tidur atau nggak mau merem. Malahan pikiran kemana-mana hingga nggak bisa tidur sampai pagi, alhasil kuliah,sekolah,kerjaan menjadi terganggu. Kalau Kondisimu normal, artinya kamu nggak sakit dan pikiran normal. Tidur adalah hal yang gampang, kalau kamu susah tidur berarti kamu punya masalah.

Gimana Ya Supaya Bisa Tidur Nyenyak ?
Ada beberapa hal yang harus kamu hindari dan lakukan agar kamu bisa tidur nyenyak.
Jangan Lakukan :
1. Mendengarkan musik dengan volume keras di tempat tidur.
2. Main Facebook,twitter sebelum tidur.. hehe
3. Minum-minuman yang mengandung caffeine seperti kopi sebelum tidur.
4. mengonsumsi obat tidur, kecuali atas resep dokter.
5. makan coklat sebelum jam tidur.
6. Nonton Tv atau membaca di tempat tidur.

Lakukan :
1. Tidur dan bangun sekitar waktu-waktu yang sama setiap hari.
2. Minum teh chamomile atau peppermint, atau minuman yg mengandung susu
3. Pastikan bahwa kamar tidurmu cukup tenang.
4. Hilangkan pikiran-pikiran yang dapat mengganggu tidurmu sebelum berangkat tidur sehingga kamu bobo dengan perasaan lega.
5. Atur agar sinar matahari masuk kekamarmu pada waktu siang untuk menjaga suhu kamar tetap hangat.

Tidur nggak Cuma untuk mengistirahatkan badan. Di saat kamu tidur terjadi pergantian sel-sel tubuh yang lelah karena aktivitas di siang hari. Makanya manusia perlu tidur paling tidak 8 jam sehari untuk memulihkan syaraf-syaraf yang tgang. Konon, tidur dalam jumlah cukup akan membantu memperpanjang umur manusia..nah Lhoo !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar