Senin, 11 April 2011

Iklan Sebagai Kegiatan Komunikasi

Menurut Guinn, Allen, dan Semenik dalam buku yang berjudul Advertising & Integrated Brand Promotion mengemukakan bahwa periklanan merupakan sebuah proses komunikasi. Ketiga tokoh tersebut menyatakan bahwa "Communication is a fundamental aspect of human existence, and advertising is a communication" (2003, p. 13).

Periklanan merupakan kegiatan yang terkait pada dua bidang kehidupan manusia sehari-hari, yakni ekonomi dan komunikasi. Dalam bidang komunikasi, periklanan merupakan proses atau kegiatan komunikasi yang melibatkan pihak-pihak sponsor (pemasang iklan), media masa, dan agen periklanan (Suhandang, 2005).

Menurut Lasswell, proses komunikasi terdiri dari 5 unsur utama, yaitu komunikator, pesan, media, komunikan, dan efek (dalam Mulyana, 2001). Dalam sebuah iklan, pesan merupakan inti yang penting. Penyampaian pesan yang efektif dapat pula membuat iklan tersebut efektif. Kemudian media yang digunakan lembaga sebagai penyampaian pesan tersebut dapat berupa media elektronik atau media cetak. Komunikan ari sebuah iklan adalah target yang dibidik oleh lembaga atau organisasi tersebut. Dalam periklanan di kenal tiga efek yaitu, kognitif, afektif, dan behavioral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar