Sabtu, 07 Agustus 2010

ALLAH SWT MAHA PENGAMPUN


Pernahkah teman-teman merasa bersalah terhadap Allah Swt karena telah tidak tabah atau tidak lulus dengan ujian yang diberikan-Nya? Atau pernahkah teman-teman merasa bersalah kepada Allah Swt karena telah berbuat suatu kesalahan atau dosa? Yang mana semua kesalahan dan dosa tersebut menyebabkan hati kita jadi tidak tenang dan pikiran kita sepertinya tertutup. Dan yang sangat menyedihkan adalah, dimana kita jadi tidak bisa lagi merasakan indah dan bahagianya dekat dengan Allah. Kemudian kita akan merasa cemas dan takut, kalau-kalau Allah Swt mencabut kenikmatan dekat dengan-Nya dan mencabut cinta dalam hati kita pada-Nya?.

Bagi yang pernah mengalaminya, segeralah bertaubat dengan sungguh-sungguh taubat. Mengakui dengan jujur dan menyesal betapa kita telah menzalimi diri kita dengan semua kesalahan yang kita lakukan. Bila kita melakukan hal tersebut, InsyaAllah dalam shalat kita, Allah Swt yang Maha Pengampun, akan memberikan kita jawaban yang menenangkan hati kita.

Dimana secara tiba-tiba dalam shalat taubat dan atau tahajut yang kita lakukan, saat kita memohon ampunan-Nya, akan terpikir oleh kita sebuah firman-Nya, yang sungguh seperti jawaban atas permohonan ampunan yang kita mohonkan pada-Nya, dimana sebelumnya ayat tersebut tidak pernah terlintas dalam benak kita, tiba-tiba kita ingat akan ayat tersebut dan bisa menenangkan hati kita, ayatnya sebagai berikut : “Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. Az Zumar ayat 53).

Kita akan temukan betapa Allah Swt Maha Pengampun dan Maha Penyayang, seperti yang banyak tertulis dalam firman-Nya, di beberapa surah :

1. “…..karena itu mohonlah ampunan-Nya, kemudian bertobatlah kepada-Nya, Sesungguhnya Tuhanku amat dekat (rahmat-Nya) lagi memperkenankan (doa hamba-Nya).” (QS. Huud : 61)
2. “…….Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Muzzammil : 20)
”…….Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An Nuur : 62)
3. (yaitu) beberapa derajat dari pada-Nya, ampunan serta rahmat. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. An Nisaa’ :96)

Kita sering kali melakukan kesalahan dan dosa dalam hidup kita, baik itu kesalahan/dosa kecil atau besar. Seandainya tidak ada rahmat Kemurahan Karunia dan Ampunan dari Allah, tentunya tidak akan ada seorang manusiapun yang selamat dari dosa.

Beruntunglah kita, karena ampunan, rahmat dan kasih sayang Allah kepada semua hamba-Nya teramat sangat luas dan tidak terbatas. Saya ingat membaca di Al Hikam, Ibn Athaillah al-Sakandari, Yahya bin Mu’aadz ra berkata : “Jika Allah menggunakan keadilan-Nya, niscahya tidak berarti segala amal kebaikan dan bila Allah menghadapi kita dengan kurnia-nya, maka tidak ada artinya segala dosa.”

Allah Swt Maha Pengampun, seberapa banyakpun dosa dan maksiat yang sudah kita lakukan, Allah Swt selalu berkenan mengampuni kita dan Allah Swt selalu menunggu kita untuk kembali kepada-Nya dan Allah Swt sangat mencintai hamba-Nya yang kembali kepada-Nya. Dalam sebuah hadits qudsi Allah berfirman : “Jika hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku sejengkal, Aku akan mendekatinya satu hasta. Jika ia mendekatkan diri kepada-Ku satu hasta, Aku mendekatinya satu depa. Dan jika ia mendatangiku dengan berjalan, Aku mendatanginya dengan berlari”. (HR.Muslim)

Dengan kita menyadari dan menyesali kesalahan yang sudah kita perbuat, kemudian kita sungguh-sungguh bertaubat dan berusaha memperbaiki kesalahan kita, maka Allah dengan Kemurahan dan Keluasaan Kasih Sayang-Nya, akan membantu kita, menutupi kekurangan kita dengan karunia-Nya. Jadi bagi siapa saja yang telah melakukan perbuatan dosa, jangan bekecil hati, SEGERALAH BERTAUBAT DENGAN TAUBAT YANG SEBENAR-BENARNYA jangan putus asa dari rahmat ampunan Allah. Ingatlah, bahwa betapa Luas dan Tidak Terbatasnya Rahmat Ampunan Allah Swt untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar